Friday, December 7, 2018

Thailand mengundang kritikus Kamboja atas film seks-trafficking: Wife

Thailand mengundang kritikus Kamboja atas film seks-trafficking: Wife-, Seorang aktivis buruh Kamboja menghadapi deportasi ke rumah dari Thailand karena perannya dalam membuat film dokumenter perdagangan seks yang membuat marah pemerintah Kamboja, yang menganggapnya sebagai palsu, kata istrinya pada Jumat (7 Desember).


Thailand mengundang kritikus Kamboja atas film seks-trafficking: Wife

Partai yang berkuasa dari Perdana Menteri Hun Sen telah meluncurkan tindakan keras terhadap mereka yang dikatakan sebagai kritik dari pemerintah, termasuk para pembela hak asasi manusia dan politisi oposisi.

Rath Rott Mony, 47, ditangkap di Bangkok pada hari Jumat ketika ia berusaha melakukan perjalanan ke Belanda bersama keluarganya setelah membantu memproduksi film dokumenter untuk saluran Russia Today pada bulan Oktober.


Istrinya, Long Kimheang, mengatakan kepada Reuters dari Bangkok bahwa dia takut polisi Thailand akan mengirimnya kembali ke Kamboja.

"Polisi menangkap suami saya dan mereka mengatakan kepada saya bahwa polisi Kamboja telah mengirimi mereka dokumen, mengatakan dia membuat cerita palsu," kata Long Kimheang.

"Saya khawatir ketika mereka mendeportasi suami saya, dia akan dipenjara."

Dalam sebuah pernyataan, Rusia Today mengatakan sangat prihatin tentang penahanan.

"Kami ... melakukan segala yang kami bisa untuk membantu menyelesaikan situasi, termasuk melalui saluran diplomatik," katanya, menambahkan bahwa tidak pernah membayar peserta atau subjek wawancara.

Film dokumenter yang berjudul My Mother Sold Me, memuat kisah tentang seorang gadis Kamboja yang miskin yang dijual menjadi pekerja seks, yang mendorong pihak berwenang untuk menanyai mereka yang terlibat.

Pihak berwenang kemudian mengatakan ibu dan anak perempuan itu dibohongi dalam film dokumenter itu, menurut polisi Kamboja.

Jurubicara polisi Kamboja Chhay Kim Khoeun membenarkan bahwa polisi telah meminta Rath Rott Mony, presiden Federasi Serikat Pekerja Konstruksi Kamboja (CCTUF), untuk dideportasi.

"Film dokumenter ini adalah kisah yang dibuat-buat yang menghancurkan budaya dan reputasi Kamboja," katanya.


Thailand mengundang kritikus Kamboja atas film seks-trafficking: Wife

0 comments:

Post a Comment