Tuesday, December 11, 2018

Manfaat buah blewah bagi kesehatan

Manfaat buah blewah bagi kesehatan 

Manfaat buah blewah bagi kesehatan -, Blewah merupakan buah yang kerap muncul di bulan ramadhan. Selain menyegarkan, blewah memiliki keistimewaan tersendiri untuk kesehatan tubuh. Buah yang mirip dengan buah melon ini, merupakan tumbuhan yang banyak dijumpai di Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Buah blewah biasanya dikonsumsi dengan cara dijadikan campuran minuman. Bahkan, ada juga yang memanfaatkannya dengan cara dibuat kolak seperti labu. Harganya yang murah, lezat namun berkualitas ini, membuatnya banyak diburu orang.

Manfaat buah blewah bagi kesehatan

Manfaat buah blewah bagi kesehatan 

Komposisi manfaat buah blewah sendiri begitu banyak mengandung gizi. Buah blewah diketahui memiliki mineral dan vitamin serta serat makanan yang memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dari The Journal of Food Science meneliti bahwa, 100 gram blewah rata-rata mengandung :
  1. Manfaat buah blewahVitamin A – 3382IU (mencukupi hingga 68% kebutuhan harian vitamin A)
  2. Vitamin C – 36,7 mg (mencukupi 61% kebutuhan harian vitamin C)
  3. Vitamin – B6 0,1 mg
  4. Mineral Kalium – 267 mg (mencukupi 8% kebutuhan harian kalium)
  5. Folat – sebanyak 21 mcg (mencukupi 5% kebutuhan harian akan folat)
  6. Protein– 0,8 g
  7. Magnesium – 12,69 mg
  8. Mangan – 0,03 mg
  9. Natrium-16mg
  10. Tembaga – 0,05 mg
  11. Seng – 0,10 mg
  12. Kobalt – 0,003 mg
  13. Karbohidrat– 8g
  14. Krom – 0,005 mg
Dari kandungan-kandungan yang bernilai gizi tersebut, munculah keistimewaan-keistimewaan buah blewah ini. Tentu khasiatnya begitu sangat dirasakan bagi yang rutin mengkonsumsinya. Adapun manfaat buah blewah antara lain :

1. Menurunkan Berat Badan

Blewah mampu menurunkan berat badan, sebab buah blewah memiliki kandungan yang rendah gula dan kalori. Oleh karena itu buah blewah baik jika dikonsumsi saat menjalani program diet, yang sekaligus mampu untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium, manfaat vitamin C dan potasium dalam blewah membantu dalam menurunkan tekanan darah, disamping juga bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Bahkan buah ini tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali. Oleh karena itu, blewah ini sangat aman bagi penderita yang memiliki masalah kolesterol dan tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan Kolesterol

Tingginya vitamin C dalam manfaat buah blewah ini mampu menurunkan kolesterol buruk di dalam darah sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C ini juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah dan dapat menguatkan dinding kapiler.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat buah blewah yang memiliki vitamin C tinggi, dipercaya mampu mencegah penyakit jantung. Bahkan dapat menjaga kesehatan paru-paru dan pembuluhdarah. RDA (Recommended Dietary Allowance) sendiri menyarankan kita agar mengkonsumsi betakaroten, sekitar5-6mg perhari untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut dapat dirasakan dengan mengkonsumsi buah blewah ini, secara teratur sehingga jantung tetap sehat.

5. Mencegah Resiko Kanker

Jika kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seperti betakaroten, vitamin C dan asam folat, maka dapat beresiko terkenan kanker rahim. Namun jika mengkonsumsi buah blewah, maka penyakit kanker akan dapat dicegah sebab buah blewah memiliki 3 nutrisi penting tersebut.

Baca juga : Walatra Sehat Mata Softgel Asli

Manfaat buah blewah bagi kesehatan 

0 comments:

Post a Comment